Materi USBN Bahasa Indonesia: Menentukan Makna Kata/Istilah pada Teks

103

Makna Kata/istilah adalah arti atau maksud yang tersimpul dari suatu kata/istilah yang terdapat dalam teks.

Makna kata terdiri dari:

  • Denotatif adalah makna yang sebenarnya, umum, apa adanya, tidak mencampuri nilai rasa, dan tidak berupa kiasan.
  • Konotatif adalah makna yang berupa kiasan atau yang disertai nilai rasa, tambahan-tambahan sikap sosial, sikap pribadi sikap dari suatu zaman, dan criteria-kriteria tambahan yang dikenakan pada sebuah makna konseptual.
  • Leksikal adalah makna kata seperti yang terdapat dalam kamus, istilah leksikal berasal dari leksikon yang berarti kamus.
  • Gramatikal adalah makna kata yang diperoleh dari hasil perstiwa tata bahasa, istilah gramatikal dari kata grammar yang artinya tata bahasa.
  • Asosiatif adalah makna kata yang didalamnya mencakup keseluruhan hubungan makna dengan nalar diluar bahasa.

Contoh Soal

Ciplukan merupakan tanaman yang dianggap sebagai benalu, sehingga tanaman ini pun sering dihilangkan begitu saja. Namun, saat ini tanaman ciplukan sering dibudidayakan karena harga tanaman ini semakin mahal seiring banyak orang yang mencarinya sebagai bahan obat tradisional. Buah ciplukan sangat ampuh mengobati bisul, sembelit, dan masalah lainnya yang berhubungan dengan pencernaan. Buah ciplukan juga memiliki kandungan senyawa seperti Vitamin C, gula, fisalin, tanin, kriptoxanin, polifenol dan steroid yang sangat dibutuhkan oleh tubuh.

Arti kata benalu pada teks tersebut adalah ….
A. bermanfaat
B. mahal
C. merugikan
D. bergizi

Dijawab di kolom komentar ya!!!

Nantikan materi dan contoh soal selanjutnya di web ini!

Komentar

Komentar