Ini Sebab Finlandia Punya Sistem Pendidikan Terbaik di Dunia

218

Pendidikan merupakan hal yang paling dibutuhkan di dalam suatu negara. Melalui pendidikan generasi bangsa bisa semakin maju dan berkembang menjadi lebih baik. Negara-negara Skandinavia terkenal akan pendidikan mereka yang sangat baik sehingga banyak negara berlomba-lomba untuk mengikuti sistem pendidikan mereka.

Finlandia merupakan salah satu dari negara Skandinavia yang mendapat peringkat nomor satu pendidikan terbaik di dunia. Tentunya untuk menerapkan pendidikan terbaik, Finlandia perlu meracik sejumlah kebijakan dan penerapan dalam sistem pendidikan mereka selama berulang kali.

Salah satu kebijakan mereka yakni mengharuskan anak-anak berusia tujuh tahun terlebih dahulu untuk masuk sekolah. Selain itu karena pendidikan sangat diutamakan, biaya pendidikan pun ternilai murah dan dijangkau oleh seluruh kalangan masyarakat.

Ada sejumlah alasan lainnya yang melatarbelakangi mengapa Finlandia menjadi negara dengan pendidikan yang paling menjanjikan.

Ini Sebab Finlandia Punya Sistem Pendidikan Terbaik di Dunia

Tidak bisa di pungkiri, pendidikan memang sangat penting untuk manusia. Bukan hanya diri sendiri tapi untuk bangsa dan negaranya. Di setiap negara pasti berbeda–beda dengan sistem pendidikannya. Mulai dari jam belajar di sekolah, saat ujian nasional, serta materinya sekalipun.

Contohnya Finlandia, negara ini memiliki sistem pendidikan terbaik di dunia, dan dapat melahirkan sumber daya manusia yang menjanjikan. Apa saja alasannya?

1. Usia
Di Finlandia, usia masuk sekolah harus 7 tahun. Karena jika usianya kurang dari tujuh tahun, akan membuat tekanan atau stress saat sekolah. Mereka percaya bahwa usia 1 sampai 5 tahun adalah waktu untuk bermain bukan untuk sekolah.

2. Kelas
Kelas di Finlandia di samaratakan, tidak ada istilah kelas unggulan atau kelas favorit. Karena bagi mereka, tidak ada siswa yang berada di bawah unggulan, karena status mereka sama yaitu pelajar. Dalam satu kelas, mereka juga membatasi jumlah siswa. Karena jika banyak siswa dalam satu kelas, maka tidak akan membuat mereka fokus dalam belajar.

3. Waktu Istirahat
Finlandia menerapkan sistem belajar yang setiap 45 atau 60 menit sekali, siswa wajib istirahat entah makan atau melakukan aktifitas yang dapat merefresh otaknya. Maka dari itu, setiap menerima jam pelajaran baru, mereka tidak ada yang mengantuk atau bosan.

4. Biaya
Sekolah merupakan sesuatu yang nomor satu di Finlandia, pemerintah mengutamakan pendidikan masyarakatnya. Pemerintah Finlandia percaya, bahwa pendidikan dapat menciptakan masyarakatnya menjadi lebih maju dalam membangun negaranya. Maka dari itu pendidikan di Finlandia sangat murah, bahkan ada yang gratis.

5. Guru
Di Finlandia sangat menjunjung tinggi profesi yang satu ini, dimana guru minimal harus lulusan magister dan dari universitas terbaik. Biaya pendidikan menjadi guru pun ditanggung pemerintah, karena itu Finlandia memiliki banyak sekali guru yang berkualitas tinggi.

Sumber: liputan6.com

Komentar

Komentar