Materi USBN IPA: Perpindahan Panas dan Contohnya

341

Kamu tentu pernah melihat sayur sedang dimasak. Pada peristiwa itu, sayur dapat masak karena mendapatkan panas api melalui proses berurutan. Pertama, api kompor menghantarkan panasnya ke panci sehingga panci menjadi panas. Kedua, panas dari air dihantarkan ke sayuran yang dimasak. Peristiwa itu menunjukkan bahwa panas dapat berpindah dari satu benda ke benda lain.

Perpindahan panas dari suatu benda ke benda lain terjadi apabila terdapat perbedaan suhu di antara kedua benda. Panas mengalir atau berpindah dari benda yang suhunya tinggi ke benda yang suhunya rendah. Proses ini berlangsung secara terus menerus sampai suhu kedua benda menjadi seimbang. Ada 3 cara perpindahan panas :

1. Konduksi (hantaran)
Pada saat kamu memasukkan sendok ke dalam segelas air panas. Apa yang kamu rasakan? Lama-lama sendok terasa panas. Hal ini terjadi karena perpindahan panas pada benda padat akibat dari perbedaan suhu sepanjang benda padat. Pada saat terjadi konduksi bagian-bagian benda tidak berpindah.

2. Konveksi (aliran)
Coba perhatikan saat kacang hijau direbus untuk dijadikan bubur. Kacang hijau bergerak naik turun dalam gerak membulat. Gerakan berputar kacang hijau karena adanya konveksi panas dalam air yang direbus. Konveksi adalah proses perpindahan panas yang terjadi pada benda yang dapatr mengalir, yaitu benda cair dan gas. Pada proses ini perpindahan disertai perpindahan bagian-bagian benda.
Saat air direbus dalam panci dengan memanaskan bagian bawah panci, air didasar panci akan menjadi panas. Air ini bergerak naik. Air yang lebih dingin di bagian atas akan turun menggantikan tempat air panas yang naik. Kejadian ini berlangsung terus menerus dan mengakibatka kacang hijau bergerak naik turun.
Dengan cara demikian panas dipindahkan dari satu bagian ke bagian yang lain dalam air.

3. Radiasi (pancaran)
Perpindahan panas secara radiasi dapat dikatakan istimewa. Tidak seperti konduksi dan konveksi, radiasi berlangsung tanpa melalui benda (zat perantara). Dengan proses radiasi panas dapat berpindah menembus ruang vakum (tanpa udara). Contohny perpindahan panas matahari ke bumi. Contoh lain adalah perpindahan panas api unggun ke tubuh kita dan perpindahan panas lampu listrik yang menyala ke tubuh kita.

Contoh Perpindahan Panas secara Konveksi:
a. Air dalam panci akan mendidih jika dipanaskan
b. Adanya gerak naik turun kacang hijau dalam air saat mendidih
c. Es yang mencair dalam air panas
d. Asap pembakaran yang membumbung
e. Berputarnya kertas berbentuk spiral saat diletakkan di atas lilin yang menyala
f. Mengalirnya udara dingin dari AC ke seluruh ruangan
g. Terjadinya angin darat di malam hari

Contoh Perpindahan Panas secara Konduksi:
a. Pegangan panci terasa panas saat panci berisi air yang dipanaskan di atas kompor
b. Melelehnya lilin pada besi saat ujung besi dipanaskan
c. Sendok terasa panas apabila digunakan untuk mengaduk minuman yang diseduh air panas
d. Ujung logam yang terasa panas jika ujung yang lain dipanaskan.

Contoh Perpindahan Panas secara Radiasi:
a. Panas api unggun yang terasa sampai ke tubuh saat berada di dekatnya
b. Menjemur ikan di tepi pantai
c. Menjemur pakaian di bawah terik matahari
d. Pasir di pantai terasa panas pada siang hari
e. Tangan terasa panas jika berada di dekat air yang mendidih
f. Pembuatan garam, disebabkan air laut menguap karena terkena panas matahari. Setelah air laut menguap, garam akan tertinggal di tambak.

Komentar

Komentar